e LINKKARDOEA'S BLOG

Translate This Blog

Your Ad Here
Google
17 February 2007
“Gadget Imperium (Mitos Masyarakat Industri)”
Sebuah gadget, bisa berupa mobile (Handphone), digital player, console, atau apapun yang berbau entertain. Siapa yang bisa hidup tanpanya kini?, dia sudah seperti menjadi bagian dari kehidupan orang-orang? Tapi siapa, …..siapa yang menciptakan mitos bahwa kita sekarang memasuki gadget imperium?, apakah semua ini hadir dengan tiba-tiba, ataukah takdir!. Tentu tidak, semua ini hadir dengan rentan waktu yang sangat lama, dan gadget imperium hanyalah sebuah mitos masyarakat industri yang terus dihembuskan kepada public denganharapan konsumsi public akan gadget terus meningkat, dan tentu saja mereka bisa meraup keuntungan yang sangat besar,bayangkan untuk sebuah gadget sejenis mobile kita harus menghabiskan puluhan juta, belum lagi untuk aplikasi, memori dan segala jenis tetek bengek yang lain, para masyarakat industri memang sangat pintar, mitos yang berkembang dipublik mampu diantarkan sampai pada tahap “gadget menjadi sebuah kebutuhan”, dan pertanyaannya apakah manusia akan pernah puas ?????.titik inillah yang menjadi senjata para masyarakat industri.

Realitanya dikota kita ini makassar, tiap perayaan hari-hari besar angka penjualan gadget meningkat diatas rata-rata, dan ini ada hubungannya denganmigrasi penduduk (pulkam) atau penduduk yang dari pedesaan datang kekota, dan yang pertama menjadi barang yang dicari adalah gadget?, ternyata mitos ini sudah menjamur juga dipelosok yang sebenarnya masih rentan untuk sebuah globalisasi.
Lalu apakah sebenarnya fakta dibalik semua ini, menurut penelitian dicina, seorang anak berusia 15 tahun, menderita radang di jarinya setelah bermain dengan console PS2, bayangkan dia bermain selama kurang lebih 15 jam nonstop. Penelitian lain yang mungkin sebagian dari kita sudah banyak yang mengetahui, handphone dapat meningkatkan produksi abnormal sel otak yang menyebabkan kanker, dan dengan menyebabkan ketulian, disebabkan karena pemakaian ear-phone, terlebih lagi pada digital player, ear-phone khusus yang dilengkapi denganfasilitas ear-buds yang corongnya jauh menjorok kedalam lubang telinga dengan meningkatkan ketulian lebih signifikan. Tapi yang lebih parah adalah sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar psikologi tentang konsumsi gadget yang menyebabkan gangguan komunikasi, keadaan sosiofilia, nervous,dan keadaan yang selalu menghindari konfrontasi. Penelitian ini didasarkan pada tingginya angka konsumsi gadget, dan umumnya pengkonsumsi menghabiskan waktunya dengangadget dan kurang membuka diri, sehingga berbagai gangguan emosional dan psikologi menyerangnya, belum lagi ditambah denganpenelitian yang membuktikan bahwa konsumsi gadget dengan menimbulkan kebodohan bertahap, hal ini diduga denganhal yang sama bahwa pengkonsumsi kurang membuka diri denganlingkungan luar, dan lebih banyak menghabiskan waktu dengangadgetnya, sehingga dia menjadi kurang komunikasi, padahal komunikasi adalah stimulan yang paling baik untuk membentuk kecerdasan, karena dalam kita berkomunikasi, tiap satuan waktu sel otak bertambah atau membelah diri, hasil penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang berumur 14 tahun dan tidak pernah berkomunikasi memiliki kecerdasan setingkat balita, dan pertumbuhan tulangnya terhambat, terutama tulang belakang yang menjadi penopang sel syaraf.
Lalu apakah kita tinggal menunggu waktu akan datangnya berbagai persoalan diatas pada diri kita?, sekali lagi gadget mungkin adalah sebuah wahana baru bagi kita, sebagai pengisi waktu, atau teman pada saat kita sedang dalam keadaan yang tidak mengenakkan, tetapi ia lebih seperti candu yang mulai masuk dalam syaraf-syarat kehidupan kita untuk kemudian menimbulkan sebuah efek ketagihan yang sangat besar. Keadaan ini sebelum jauh memenjarakan kita sebaiknya lebih bijak lagi untuk kita pikirkan, sebagai salah satu fasilitas yang mempermudah kita, sebaiknya pilihan kita didasarkan pada asas manfaat, masih banyak yang lebih dengan kita penuhi ketimbang menghabiskan banyak uang untuk sebuah candu. Dan sekali lagi jangan terjebak mitos!!!!!!,
-_-_-_-_-Gadget_-_-_-Imperium_-_-_-_-_-



cellink @|| 2:13 AM || 
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 


Blog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.com
Free Music
Free Music
Free Music


ABOUT ME....

Juventini

New Archive

Archive
Shout Box

Link
It's Mine
My Community
Affiliated

JANGAN ASAL COPY PASTE..
banner angingmammiri KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia bloggingwithlove

Copy My Banner

LINKKARDOEA

Statistic