e LINKKARDOEA'S BLOG

Translate This Blog

Your Ad Here
Google
03 May 2007
Kelompok belajar Coas InTens
Menuju indonesia sehat bisa dicapai ketika semua elemen-elemen kesehatan yang ada dalam masyarakat ikut terlibat aktif didalamnya lebih khusus lagi sebagai kader HMI yang perannya sebagai khalifah dimuka bumi. Selain itu adanya kebijakan pemerintah di bidang kesehatan yang menuntut tenaga medis kesehatan agar bekerja lebih profesional mengharuskan seorang dokter untuk selalu meningkatkan kapasitas keilmuan yang dimilikinya

Peran seorang dokter sangatlah diperlukan dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. Pengembangan masyarakat dalam bidang kesehatan diarahkan pada perubahan pola pikir masyarakat, perubahan sikap, dan perubahan perilaku sehat. Tentulah untuk mewujudkan ini diperlukan seorang dokter yang memiliki kemampuan “soft skill” dan “hard skill” yang bagus.
Kemampuan “soft skill” dapat diperoleh pada proses basic training, intermediate training, manajemen organisasi dan kepanitiaan yang telah didapatkan dalam organisasi kader HMI. Sementara “hard skill” bisa didadapatkan dalam kegiatan akademik kampus baik pre klinik maupun di klinik (Co-Ass). Akan tetapi kemampuan hard skill ini masih dianggap kurang oleh sebagian kader HMI yang sementara ini duduk di Klinik (Co-Ass). Oleh karena itu dengan adanya kegiatan tersebut di atas diharapkan setiap kader HMI yang telah dibekali kemampuan “soft skill” dapat mengimbanginya juga melakukan peningkatan kapasitas “hard skill” yang dimilikinya, sehingga kader-kader dokter HMI kedepan dapan mengunakan portensinya dalam memperbaiki kesehatan masyarakat.


I.2 Tujuan Kegiatan
Kelompok belajar Co-Ass ini bertujuan antara lain sebagai berikut :
Tujuan Internal
1. Meningkatkan keterampilan Co-Ass dalam menegakkan diagnosa penyakit.
2. Meningkatkan keterampilan Co-Ass dalam melakukan pemeriksaan fisis yang selama ini belum dipahami/dilakukan pada waktu menjalani kegiatan di rumah sakit.
3. Menambah pemahaman Co-Ass mengenai proses penyakit dan penatalaksanaannya melalui forum diskusi dengan dokter tempat Co-Ass melaksanakan kegiatan.
Tujuan Eksternal
1. Meningkatkan hubungan silaturahim antara anggota HMI dengan kanda-kanda HMI.
2. Menjadikan HMI sebagai wadah pemenuhan kebutuhan anggota dalam peningkatan kapasitas kemampuan “hard skill”.

II. Jenis Kegiatan
Kegiatan ini berbentuk kerjasama berupa magang di tempat-tempat praktek dokter senior HMI. Adapun tiap-tiap Co-Ass akan stase tiap minggu pada tiap bagian seperti Interna, Kulit, Mata, THT, Anak, Saraf , Ostetri Ginekologi, dan Kardiologi.
Selain itu Co-Ass juga akan mendapatkan pelajaran sosiologi, hukum dan antropologi kesehatan setiap 2 kali sebulan di Café Baca Biblioholic.

III. Waktu dan tempat
Waktu Kegiatan :
a. Dua kali seminggu sesuai dengan kesepakatan dokter tempat bekerjasama.
b. Dua kali sebulan untuk pelajaran sosiologi, hukum dan antropologi kesehatan
Tempat kegiatan :
a. Tempat praktek dokter senior HMI
b. Café Baca Biblioholic.

IV. Penutup

V. Lampiran



cellink @|| 2:31 AM || 
2 Comments:
Post a Comment
<< Home
 


Blog Advertising - Advertise on blogs with SponsoredReviews.com
Free Music
Free Music
Free Music


ABOUT ME....

Juventini

New Archive

Archive
Shout Box

Link
It's Mine
My Community
Affiliated

JANGAN ASAL COPY PASTE..
banner angingmammiri KampungBlog.com - Kumpulan Blog-Blog Indonesia bloggingwithlove

Copy My Banner

LINKKARDOEA

Statistic